Kamis, 12 April 2012

Hutan Bakau Di Balikpapan

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.
Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya aerasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.
Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi ekosistem hutan, air dan alam sekitarnya. Secara fisik mangrove berfungsi dalam peredam angin badai dan gelombang, pelindung dari abrasi, penahan lumpur, dan perangkap sedimen. Manfaat dan fungsi hutan bakau secara biologi antara lain adalah sebagai tempat hidup biota laut, baik untuk berlindung, mencari makan, pemijahan maupun pengasuhan, sumber makanan bagi spesies-spesies yang ada di sekitarnya, tempat hidup berbagai satwa lain semisal kera, buaya, dan burung. Maupun manfaat dan fungsi hutan bakau secara ekonomi antara lain adalah sebagai tempat rekreasi dan pariwisata, sumber bahan kayu untuk bangunan dan kayu bakar, penghasil bahan pangan seperti ikan, udang, kepiting, dan lainnya, bahan penghasil obat-obatan seperti daun Bruguiera sexangula yang dapat digunakan sebagai obat penghambat tumor, sumber mata pencarian masyarakat sekitar seperti dengan menjadi nelayan penangkap ikan dan petani tambak.
Di Balikpapan, Kalimantan Timur anda bisa menemukan hutan mangrove di daeah Margomulyo,Balikpapan Barat. Hutan yang penuh dengan tanaman bakau ini Jaraknya sekitar 9 km dari Kota Balikpapan atau bisa ditempuh selama 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.Selain kesejukan khas tanaman bakau, hutan ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Tempat ini sering dijadikan obyek oleh fotografer. Menuju lokasi ini tidak dapat menggunakan kendaraan. Lokasi hutan mangrove ini terletak di belakang SMAN 8 Balikpapan, melalui pintu masuk yang ada di samping Bangunan SMAN 8 Balikpapan. Berikut dibawah ini adalah beberapa foto hutan bakau yang saya ambil di area tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar